Rabu, 20 Mei 2015

Membuat Toko Online Dengan Joomla dan VirtueMart (1)



Anda pasti sudah sangat akrab dengan CMS (Content Management System) yang satu ini. Ya, Joomla adalah salah satu dari sekian banyak CMS yang paling banyak digunakan. Nah, sebelum saya mereview pembuatan toko online dengan teknologi lain, kali ini saya utamakan review untuk Joomla terlebih dahulu. Ini sebagai penghormatan bagi Joomla dan para peminatnya yang sangat banyak di Indonesia.

Sebelum mulai, sedikit review tentang Virtuemart. Apa itu Virtuemart? Virtuemart adalah komponen e-Commerce yang khusus diperuntukkan untuk Joomla. Sebelum menjadi Virtuemart, dulu namanya Mambo PHP Shop. Dengan adanya komponen ini, maka memungkinkan situs Joomla kita memiliki fitur-fitur seperti toko online profesional dengan mudah tanpa harus menguasai teknik pemrograman. Yang perlu dilakukan hanya sedikit melakukan sedikit setting dan konfigurasi. Tertarik?

Langkah Persiapan
Sebelum memulai, download dulu source Joomla yang sudah dibundle dengan Virtuemart dibawah ini.
download

Download Joomla Bundle Virtuemart

Pastikan anda sudah menginstall apache web server, php dan mysql dikomputer anda. Jika anda belum punya, anda bisa menggunakan software XAMPP untuk menginstalnya.

Mulai
Selanjutnya, mulai ikuti langkah-langkah berikut:

1. Ekstrak file source.
2. Buat folder baru di c:\xampp\htdocs (tergantung dimana anda menginstall XAMPP, atau apache web server anda).
3. Copy-kan hasil ekstraksi file source ke folder baru tersebut.
4. Buka browser, dan arahkan ke alamat folder baru anda
5. Misal. Folder yang anda buat adalah tokoakhuna, maka anda buka browser dan mengetikkan alamat http://localhost/tokoakhuna/

akhuna-joomla-virtue-install-01
6. Selanjutnya anda akan dituntun untuk melakukan proses instalasi, pastikan anda mengisi form-form yang diminta dengan terus mengklik tombol NEXT.
7. Pada isian DATABASE CONFIGURATION, isikan data berikut:

Hostname: localhost
Username: root
Password: [kosongi saja]
Database Name: db_akhuna
Nama database bisa terserah, mis. Dbtoko, dbstore, dll tergantung kesukaan anda.
8. Pada isian MAIN CONFIGURATION, isikan nama situs anda dan email anda serta password admin anda (jangan sampai lupa password admin ini). Dan pastikan anda mengklik tombol INSTALL SAMPLE DATA. Selanjutnya klik NEXT.
9. Setelah anda mencapai tahap FINISH, langkah terakhir adalah menghapus folder INSTALLATION. Karena jika tidak hapus, proses tidak akan bisa diteruskan, lagian anda sudah tidak membutuhkannya lagi.
10. Whoala…toko online anda muncul dengan mengesankan. Ini screenshot hasil saya.

akhuna-joomla-virtue-01

Cuma gitu aja? Ya, gitu aja. Tapi ini baru proses instalasi. Pada tahap ini anda telah mempunyai toko online yang siap digunakan dan telah berfungsi seperti layaknya toko profesional. Hanya saja, produk yang ditampilkan masih produk contoh, bukan produk anda. Meskipun demikian, Joomla yang barusan anda instal sudah mencakup komponen Virtuemart. Dimana Virtuemart inilah yang akan mengurusi semua hal mengenai toko anda, mulai dari produk, kategori produk, pembayaran dan lain-lain.

Jadi bayangkan seandainya toko beneran, bangunannya sudah jadi, sudah bagus malah, rak-raknya juga sudah ditata, dan kelengkapan pendukung juga sudah siap, hanya barang-barang yang mau dijual masih belum ada alias masih kosong.

Tips: Cobalah bereksperimen kecil-kecilan dengan melihat-lihat situs toko online anda. Lalu lakukan pembelian satu atau beberapa produk dan ikuti prosesnya. Perhatikan apa yang terjadi.

Pada posting selanjutnya, kita akan memperbaiki toko online kita dan berkenalan lebih dalam dengan Virtuemart ini. Tunggu ya…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar