Sabtu, 09 April 2011

Dual Booting Windows 7 dan Windows Xp pada komputer yang telah terinstall Windows 7

 

 

 

 

 





Komputer kamu sudah terinstall Windows 7 dan ingin twin booting dengan Windows Xp…??? emang sih untuk saat ini Windows 7 menurut saya adalah sistem operasi yang sungguh menakjubkan. Dari segi tampilan dan fitur jauh banget bedanya sama Vista dan Xp. Kalau komputer kamu menggunakan SO Windows Vista saya sarankan untuk mengupgrade ke Windows 7. Naahh… teman2, jika teman2 kangen sama Windows Xp tetapi komputer kita sudah terinstall Windows 7, dan teman2 tidak ingin menghapus Windows 7, jadi inginnya sih Dual Booting, bisa pilih Windows Xp bisa juga Windows 7. Caranya gampang kok…. icon biggrin Dual Booting Windows 7 dan Windows Xp pada komputer yang telah terinstall Windows 7 Lets check it…

Buat Partisi Baru
Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah membuat partisi baru pada sistem Windows 7. Untungnya kita bisa melakukannya tanpa perangkat lunak pihak ke-3. Untuk memulai, klik Start dan ketik either partition atau disk management ke dalam kotak pencarian dan di bagian atas klik menu di Membuat dan format partisi tough disk.


Jendela Disk Management akan terbuka, dan dari sini kita perlu untuk membagi partisi pada expostulate (C:) Windows 7. Klik kanan pada expostulate dan pilih Shrink Volume.



Selanjutnya sebuah jendela muncul yang menunjukkan expostulate dipertanyakan untuk ruang yang tersedia.
Sekarang masukkan jumlah ruang yang Anda inginkan untuk mengecilkan volume. Anda menunjukkan sum ukuran hoop dan jumlah ukuran yang tersedia menyusut. Dalam contoh ini kita membuat partisi 40GB.

 
Setelah proses selesai Anda akan melihat ruang yang tidak dapat dialokasikan baru. Klik kanan dan pilih New Simple Volume.
New Simple Volume Wizard akan tampil. Ketika Anda sampai ke bagian Partisi Format, NTFS adalah dipilih secara default sebagai sistem record dan Anda dapat memilihnya. Anda mungkin ingin mengubah nama sesuatu Volume tag lain misal “Partisi XP” sehingga lebih mudah untuk mengidentifikasi ketika menginstal XP. Anda juga mungkin ingin pastikan untuk memberi tanda cek di Perform the Quick Format.

Setelah format selesai Anda akan melihat volume baru sebagai partisi baru terlihat.





Sekarang ketika Anda membuka My Computer Anda akan melihat partisi baru dan pemberitahuan bahwa ruang telah diambil dari (C:) expostulate Windows 7 telah terbuat.
 


Install Windows Xp pada partisi yang baru

Sekarang Anda tahu cara membuat partisi baru pada sistem Windows 7 Anda, saatnya untuk menginstal XP di atasnya. Di sini kita melakukan instalasi XP Profesional pada partisi baru. Boot dari CD instalasi XP dan memulai proses instalasi.
 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar